Synthetic Camera adalah sebuah metode untuk memposisikan “camera” dalam
melihat suatu objek atau benda. Karena pada dasarnya prinsip kerja kamera sama
dengan seperti mata manusia, perbedaannya antara mata dan kamera terletak pada
cara pemfokusan cahaya. Jika pada mata jarak bayangan adalah tetap dan
pemfokuskan dilakukan dengan mengubah jarak fokus lensa oleh otot akomodasi
sedangkan pada kamera pemfokusan dilakukan dengan mengubah jarak bayangan
(jarak antara film dan lensa).
Lalu untuk Synthetic camera membutuhkan 3 komponen yaitu Bidang
proyeksi, Sistem koordinat viewer, dan Mata. Cara kerjanya objek akan
dipindahkan ke koordinat viewer dan kemudian “bayangan” objek diproyeksikan
perspektif. Objek perlu dipindahkan ke koordinat viewer agar posisi objek
sesuai dengan align arah mata
Viewing Coordinate
Viewing coordinate sering
juga disebut sebagai UVN system. Sistem koordinat UVN mempunyai tiga sumbu U,
V, N. Viewing coordinate diperoleh berdasarkan informasi
mengenai :
-
Posisi kamera
pada world coordinate, posisi ini disebut juga sebagai VRP (Viewing
Reference Point).
VRP ditentukan berdasarkan vector r = (rx , ry
, rz )
-
Arah viewplane,
disebut sebagai VPN (Viewplane Normal) dan ditentukan berdasarkan vector n (nx ,ny
,nz ). Vector n ditentukan
berdasarkan world coordinate.
-
Arah sumbu V
ditentukan berdasarkan vector u. Vector u bersifat tegak lurus terhadap n
dan v.
-
Posisi mata
(eye) ditentukan dalam viewing coordinate dan disimbolkan dengan
e = (eu , ev , en )Umumnya e berisi (0,0,E)
Bagaimana cara menghitung n, v, dan u ?
Pemakai dapat
menentukan nilai n dengan memasukan vector norm dan vector n dihitung sebagai :
Catatan :
· Tanda •
menyatakan dotproduct dua vector
· Tanda |up’| menyatakan panjang vector up’
Karena vector u harus tegak lurus terhadap n dan v maka vector u dapat diperoleh dari :
Transformasi World ke Viewplane
Setiap titik di world coordinate (w) dapat ditransformasikan ke viewing coordinate (p) dengan menggunakan rumus :
Setelah titik di world coordinate di transformasikan ke viewplane maka
tahap selanjutnya adalah melakukan proyeksi perspektif terhadap titik di
viewplane.
PROYEKSI VIEWPLANE
Jika diketahui titik p=(pu ; pv ;pn)
adalah titik di viewplane dan mata terletak di (eu ; ev ;
en) maka titik q (u*,v*) sebagai proyeksi perspektif dari p
dapat diperoleh dengan :
Apabila e = (0,0,en) maka rumus di atas dapat disederhanakan
menjadi :
Komentar
Posting Komentar