Langsung ke konten utama

PERANAN PENTING TEKNOLOGI INFORMASI

1   Peranan penting teknologi bagi perusahaan ialah, dapat mengurangi biaya untuk tenaga kerja seperti pembelian kertas, pulpen, dll yang berhubungan dengan ATK, sehingga semua proses yang berlangsung akan secara otomatis. Mempercepat waktu yang diperlukan untuk mengerjakan suatu tugas atau masalah. Mengurangi biaya promosi karena promosi dapat dilakukan melalui website atau sosial media. Dan dengan teknologi yang semakin maju sehingga sistem dapat terintegrasi dalam satu server, sehingga dapat memanajemen dengan cepat tanpa perlu berkunjung ke lokasi tersebut.

2. Peranan teknologi dalam kemajuan bisnis adalah dengan mempermudah media komunikasi sehingga proses komunikasi costumer tidaklah sulit lagi. Mengatur data adalah hal yang penting dilakukan, karena itu merupakan laporan yang digunakan untuk menganalisis data untuk perkembangan bisnis. Memperluas bisnis juga merupakan peranan teknologi saat ini, dengan menggunakan sosial media atau website bisnis yang anda kerjakan akan menjangkau jarak yang luas sehingga bisnis anda dapat dikenal oleh masyarakat

3. Peran penting teknologi informasi dengan dampak positif di masyarakat adalah memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang sedang terjadi atau yang sudah terjadi yang menjangkau jarak yang sangat luas. Sehingga masyarakat tidak lagi ketinggalan informasi yang sedang terjadi. Perkembangan teknologi informasi juga dimanfaatkan sebagai media pendidikan, sehingga dapat mengembangkan pola pembelajaran. Dampak negatifnya informasi yang didapatkan bisa juga informasi palsu atau hoax, sehingga dapat mengakibatkan perbedaan persepsi masyarakat atas suatu masalah atau dapat menimbulkan adu domba di masyarakat. Namun tidak dapat disangkal peran teknologi informasi ini sangat membantu masyarakat, dengan teknologi sebuah hal yang dulu sulit dilakukan sekarang menjadi lebih mudah dilakukan. Contohnya memesan makanan, dahulu orang-orang harus datang ke restoran dan mengantri untuk makan. Sekarang hanya perlu memesan makanan menggunakan aplikasi dan langsung diantarkan ke rumah/apartemen/hotel tempat anda.

4.  Peranan teknologi informasi untuk organisasi sebagai media untuk mengawasi kinerja organisasi sehingga organisasi dapat berlajan dengan optimal, teknologi informasi juga berdampak pada efektifitas untuk menghemat biaya, waktu, dan manajemen organisasi.

5.   Dahulu pembeli harus mengunjungi suatu toko untuk membeli barang atau makanan yang pembeli inginkan. Setelah adanya e-commerce pelanggan kini hanya perlu melakukan pemesanan secara online di berbagai tempat dan tidak harus mendatangi ke tempat penjualnya. Sehingga sangat memudahkan pembeli untuk membeli suatu barang dan memudahkan untuk penjual untuk memasarkan produknya. Dengan bantuan teknologi informasi yang jangkauannya sangat luas seperti yang terjadi saat ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (TRANSFORMASI DIGITAL)

REVOLUSI INDUSTRI Industrialisasi dipandang sebagai langkah tepat dalam menjawab potret sejarah kemiskinan dunia. Industrialisasi mempermudah pekerjaan dilakukan dan pada gilirannya mengurangi kelaparan melalui ketersediaan makanan, memberikan ketersediaan akan kebutuhan pakaian, dan kebutuhan akan tempat tinggal bagi sebagian kalangan tertentu. Lebih jauh, memberikan masyarakatnya harapan hidup yang lebih panjang. Walaupun pada awalnya mengorbankan sebagian masyarakat lainnya sehingga muncul kesenjangan sosial serta menghasilkan kerusakan lingkungan, namun pada akhirnya industrialisasi mendatangkan kekayaan serta kenyamanan hidup karena dikelilingi oleh peralatan-peralatan yang user-friendly technologies. Revolusi Industri I Revolusi Industri I dimulai dari ditemukannya Mesin Uap oleh James Watt pada tahun 1764. Temuan ini berdampak pada pekerjaan-pekerjaan dalam pembuatan produk yang biasanya dilakukan oleh tenaga hewan dan kekuatan manusia, yang diperlengkapi dengan peralata

PERANGKAT KERAS TIK